Subscribe Us

Microsoft Akhiri Dukungan Aplikasi Android di Windows 11

Microsoft Akhiri Dukungan Aplikasi Android di Windows 11

Microsoft baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan dukungan aplikasi Android di Windows 11 pada 5 Maret 2025 mendatang. Lebih spesifik lagi, dukungan untuk Windows Subsystem for Android alias WSA akan berakhir yang jadi jembatan utama aplikasi Android berjalan di Windows 11 saat ini.


Microsoft Akhiri Dukungan Aplikasi Android di Windows 11

Pertama kali diperkenalkan pada 2021 lalu, WSA memungkinkan pengguna dengan mudah menginstal aplikasi Android melalui Amazon App Store. Fitur tersebut sebenarnya disambut dengan sangat baik oleh banyak pengguna, akan tetapi masa depannya menjadi tidak jelas dan kini dikonfirmasi bakal dihentikan.


Keputusan Microsoft untuk menghentikan dukungan WSA ini terungkap melalui update terbaru dalam dokumentasi untuk developer. Perubahan tersebut juga secara efektif mempengaruhi ketersediaan Amazon App Store di Windows serta aplikasi atau game apa pun yang bergantung pada WSA.


Dalam pengumumannya, Microsoft mengatakan bahwa setelah tanggal 5 Maret 2024, pengguna tidak bisa lagi menginstal aplikasi Android baru via Amazon App Store di Windows 11. Namun, untuk aplikasi yang sudah terinstal masih bisa digunakan sampai tanggal 5 Maret 2025 mendatang.


Amazon juga telah mengonfirmasi penghentian dukungan tersebut, dengan pengembang tidak akan bisa submit aplikasi baru untuk Windows 11 setelah 5 Maret 2024. Kendati demikian, pengembang masih bisa memberikan update untuk aplikasi yang sudah ada di Amazon App Store hingga dukungan dihentikan alias pada tanggal 5 Maret 2025.


Tidak dijelaskan apa alasan Microsoft menghentikan dukungan untuk WSA. Bisa jadi, langkah tersebut diambil karena tingkat adopsinya yang rendah atau mungkin karena masalah teknis. Jika Microsoft tidak berubah pikiran di kemudian hari, tampaknya kita harus kembali ke metode lama yakni menggunakan emulator Android pihak ketiga. Apa pendapat kalian?


Posting Komentar

0 Komentar